Home » » cara hidup sehat dan bersih

cara hidup sehat dan bersih

Harta yang paling berharga dalam dunia adalah kesehatan. Kesehatan ialah harta yang tak ternilai harganya.Jaman sekarang, meraih hidup sehat tidaklah mudah, apalagi di ibukota. Polusi kendaraan dimana-mana, gaya hidup yang serba cepat, kesibukan yang menumpuk membuat sebagian orang tak mampu merasakan nikmatnya hidup sehat.

Para dokter selalu menyarankan untuk minum banyak air dan mengurangi kebiasaan minum minuman dalam kemasan. Selain terbukti dapat menyehatkan tubuh, minum banyak air membuat seseorang cenderung memilih makanan yang sehat.
cara hidup sehat dan bersih
cara hidup sehat dan bersih 



Berikut ini adalah cara yang tepat untuk menjalankan hidup sehat:

1. Olahraga teratur.
Lakukan secara bertahap. Olahraga jalan cepat, lari, bersepeda. Lebih menyenangkan jika disesuaikan dengan hobi yang dimiliki seperti renang, basket, atau futsal.

2. Pola makan sehat.
Menjalankan pola makan yang sehat seperti rendah lemak, tinggi serat, cemilan sehat, dan hindari junkfood.

3. Nutrisi yang seimbang.
Seperti nasi, ikan atau ayam, sayur, buah dan susu. Hal ini yang kurang menjadi perhatian banyak orang. Terkadang dengan nasi dan ayam, ikan, atau daging, orang sudah merasa cukup dan tidak mementingkan sayur dan buah. Hal yang paling penting sebenarnya adalah kehadiran sayur dan buah.

4. Bangun Pagi atau Subuh
Ketika fajar menjelang, atau ketika subuh. Udara masih bersih dari polusi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru. Bangunlah lebih pagi untuk mendapatkan asupan udara bersih bagi paru-paru kita. Dengan bangun lebih pagi, kita juga bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan secara lebih cermat dan tak terburu-buru. Agar bisa bangun lebih pagi, maka kita pun harus bisa tidur lebih awal.

5. Puasa Senin-Kamis
Selain berpahala, dengan berpuasa di hari Senin dan Kamis memberikan waktu bagi lambung kita untuk beristirahat. Bayangkan, setiap hari lambung kita disuruh bekerja keras untuk mencerna makanan setiap pagi, siang dan malam. Saat berpuasa, lambung kita akan beristirahat dan memproses makanan yang belum tercerna sebelumnya, juga dapat menyaring racun yang mungkin tersimpan dalam tubuh kita karena proses pencernaan makanan yang kurang sempurna.

6. Menjaga Kebersihan
Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya dalam gaya hidup sehat adalah menjaga kebersihan. Tempat yang kotor rentan menyebabkan penyakit, maka dari itu islam sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri, tempat tinggal, dan juga pakaian. Bahkan Rasulullah sendiri juga mengatakan bahwa kebersihan itu merupakan sebagian daripada iman. Maka, dengan menjaga kebersihan juga akan berdampak positif bagi kesehatan kita.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | blog Template | Mas Template
Copyright © 2011. Secangkir Berita Kalumpank - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger