Home » , » perkembangan hijab atau jilbab di indonesia

perkembangan hijab atau jilbab di indonesia

Para hijabist alias kaum berjilbab pasca dekade 2000-an semisal Dian Pelangi, Ria Miranda, Jenahara Nasution, Fifi Alvianto, dan Ghaida Tsurayya tampaknya tak ingin terkontaminasi makna jilbab gaul yang sudah berkonotasi negatif. Pun mereka ingin membedakan diri dari perancang busana muslimah generasi orangtua mereka.


perkembangan hijab

perkembangan hijab


perkembangan hijab

perkembangan hijab

perkembangan hijab

perkembangan hijab

perkembangan hijab

perkembangan hijab

perkembangan hijab

Seorang penulis fashion dan membuat profil Dian di tabloid ini mengatakan, istilah “hijab” lebih meng-internasional ketimbang “jilbab.” Di Barat sana, misalnya, kata Arab “hijab” lebih dikenal ketimbang “jilbab.” Boleh jadi ada benarnya.

Menurut Imam Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan; “Jilbab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung)”, dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Jilbab diartikan kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. (KKBI, ed.3, 2005, hal.473.). Sedangkan M. Quraish Sihab dalam salah-satu bukunya berpendapat : “Jika mengacu ke Al Quran dan pandangan ulama, tak ada beda hijab dengan jilbab. Dua-duanya dimaksudkan sebagai penghalang dan penutup badan bagi wanita muslimah. Jilbab bisa dimaknai sekadar kerudung maupun pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh wanita. (Shibab, 2004: 88.)

Sedangkan kalau kita mencari arti hijab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita hanya akan menemukan “hijab” berarti: 1) Dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain; 2) Isi dinding yang membatasi hati manusia dan Alllah; dan 3) Dinding yang membatasi seseorang dari mendapat harta waris (contoh kalimatnya: Anak laki-laki adalah hijab dari saudara sebapak). (KBBI, ed.3, 2005, hal. 401.). Jadi dalam KBBI ini kita tidak akan menemukan definisi hijab yang berhubungan dengan kerudung (Penutup sebagaian aurat muslimah). 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | blog Template | Mas Template
Copyright © 2011. Secangkir Berita Kalumpank - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger